Menjadi seorang freelancer memang susah-susah gampang. Ada freelancer yang dapat dengan mudah mendapatkan klien dan ada yang bahkan harus menunggu lama untuk mendapatkan klien pertamanya. Tahukah bahwa ternyata untuk menjadi seorang freelancer sukses, anda harus memiliki karakter khusus selain berusaha sukses. Berikut diantaranya :

Bersikeras

Seorang freelancer harus memiliki karakter pantang menyerah, terutama ketika mencari pekerjaan dan klien. Anda bukan seorang karyawan dengan tanggung jawab pekerjaan yang sudah diberikan oleh atasan, melainkan harus mencari sendiri klien dan pekerjaan tersebut karena anda bekerjaan untuk diri sendiri. Oleh sebab itu, anda tidak boleh menyerah hingga menemukan klien yang akan membayar pekerjaan anda. Untuk mewujudkannya, anda harus terus melakukan promosi agar menjadi freelancer sukses dapat tercapai.

Manajemen waktu

Sebagai pekerjaan yang mandiri, anda harus pintar mengatur waktu. Pandai-pandailah mengestimasikan berapa waktu yang anda perlukan untuk menyelesaikan pekerjaan dari satu klien sehingga anda tidak akan sembarangan menerima semua tawaran. Semakin banyak tawaran kerja memang baik, tapi kalau anda memang tidak memiliki cukup waktu untuk mengerjakanya, ketahui batas anda. Hal ini penting untuk menjaga kualitas hasil pekerjaan anda. Jangan sampai karena terlalu banyak pesanan, anda menjadi kerja terburu-buru sehingga mengorbankan kualitas.

Disiplin diri

Disiplin diri sangat diperlukan tak hanya ketika anda bekerja sebagai karyawan dibawah arahan orang lain, tapi juga ketika anda menjadi seorang freelancer. Ada kalanya pekerjaan yang diberikan oleh klien terasa sangat sulit untuk dikerjakan sehingga membuat anda enggan mengerjakannya. Disinilah disiplin diri diperlukan. Anda harus mampu mengondisikan diri anda apapun caranya agar pekerjaan tersebut selesai tepat waktu. Tidak bekerja dengan atasan bukan berarti anda bisa berlaku sesuka hati. Justru disaat seperti inilah disiplin diri anda diuji. Bagi beberapa orang, ini merupakan hal yang mudah. Namun, ada sebagian orang yang mudah teralihkan  perhatikannya sehingga pekerjaan mereka tak kunjung selesai, jadi tetaplah tingkatin disiplin diri untuk menjadi seorang freelancer sukses.

Rasa ingin tahu

Sebagai seorang freelancer, anda juga harus memiliki inisiatif untuk melahirkan ide baru dalam desain anda (jika anda seorang freelancer dalam bidang desain). Rasa ingin tahu ini yang akan membuka anda pada inovasi yang mungkin selama ini belum pernah anda temukan . cari tahu kira-kira apa alasan klien meminta desain seperti ini dan itu, kenapa harus memakai warna ini  dan itu, mengapa mereka memilih desain tersebut dan sebagainya. Dengan mencoba memahami hal-hal semacam ini, anda bisa lebih mudah mengerjakannya. Jika anda tidak menemukan jawabannya, cobalah untuk menanyakan secara langsung pada klien.

Tepat waktu

Mengumpulkan pekerjaan sesuai target sesuai tenggat waktu adalah salah satu cara untuk membuat klien kembali pada anda. Klien yang percaya dengan kualitas pekerjaan dan ketepatan anda dalam mengumpulkan deadline tidak menutup kemungkinan akan kembali lagi pada anda ketika mereka memerlukan bantuan lagi yang sejenis. Tentunya hal ini akan meningkatkan reputasi anda.

Related Post

No Comments

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Recent Posts

tipografi
tipografi

Bandung Design adalah jasa logo, packaging, company profile, packaging, menu, brosur, kartu nama, website dan animasi terbaik.

Follow Us

Email: bandungdesign.id@gmail.com
Phone: +62812-2282-2287