Membangun sebuah kerjasama tim yang solid wajib dan penting dilakukan, karena keberhasilan perusahaan bergantungkerja sama tim yang solid. Kerjasama tim di dalam perusahaan, bukan hanya dibangun pada satu divisi saja tetapi harus dbangun antara sesama devisi yang saling berkolaborasi sehingga sebuah kegiatan operasional dapat dilakukan dengan baik.

Peran seorang pemimpin dalam membangun sebuah kerja sama tim sangat penting. Seorang pemimpin harus mampu mendelegasikan setiap pekerjaan, mengambil keputusan, dan terbuka pada setiap ide yang dilontarkan oleh anggota tim serta bertanggung jawab pada setiap tindakan yang dilakukan oleh timnya. Jika anda mampu melakukannya, anda dapat membangun sebuah tim yang solid dan produktifitas.

Ada beberapa hal yang dapat mengganggu kerjasama tim, diantaranya adalah :

Egois

Sikap egois dapat menghancurkan sebuah kerjasama tim yang solid, jika anda mempunyai anggota tim yang egois jangan dipertahankan walaupun orang tersebut mempunyai kemampuan yang luar biasa, jangan sampai hanya karena satu orang maka kerjasama tim yang sudah anda bangun dengan susah payah menjadi berantakan.

 Individualistis

Jangan pernah mementingkan kepentingan individu ketika anda sedang bekerjasama, karena sebuah kerjasama tidak akan berhasil jika setiap anggotanya mementingkan kepentingan masing-masing. Semua urusan pribadi harus dikesampingkan dan utamakan kepentingkan bersama.

Pemimpin Tidak Bijaksana

Pemimpin yang tidak bijaksana akan membuat anggota tim menjadi tidak betah dan hika anggota tim sudah tidak betah maka produktifitas kerja mereka akan menurun dan hal itu merupakan hal yang merugikan bagi perusahaan. Seorang pemimpin harus bijaksana dan mau menerima ide-ide yang diberikan oleh anggota tim kemudian mengambil keputusan yang terbaik untuk tujuan bersama.

Terbuka

Sebuah tim yang solid harus saling terbuka satu sama lain sehingga antar sesama anggota bisa saling mengkritik (kritik membangun tentunya) dan mengevaluasi hasil kerja tim. Bersikap terbuka antar sesama anggota tim juga dapat meningkatkan kreativitas dan produktifitas kerja asalkan semua terarah dan terkontrol dengan baik.

Toleransi

Toleransi antar sesama anggota harus dimiliki oleh setiap tim yang soid sebab tanpa toleransi, sekuat apapun tim yang anda bangun pasti tidak akan bertahan lama.

Saling Menghormati

Sikap saling menghormati sangat dibutuhkan dalam membangun sebuah kerjasama tim yang kokoh. Tidak ada tim yang dapat bertahan jika sesama anggotanya tidak saling menghormati. Saling menghormati dapat dilihat saat mengeluarkan pendapat atau ide, yaitu pada saat pendapat salah satu anggota tim dikritik. Jika anda menemukan bahwa tim anda kurang bersikap saling menghormati, coba kumpulkan anggota tim dan diskusikan hal ini.

Menguatkan Kepentingan Tim

Setiap yang dilakukan anggota tim harus berdasarkan kepentingan tim, tidak boleh ada unsur pribadi. Tugas pemimpin adalah memastikan setiap anggota tim yang terlibat, serta sesuai dengan kesepakatan tim dan tugas tersebut diselesaikan tepat waktu.

Mengadakan Acara

Sesekali adakan acara berkumpul bersama untuk memningkatkan kekompakan tim, sehingga berhubungan antar sesama anggota menjadi semakin kuat. Setiap acara yang dibuat harus melibatkan setiap anggota tim, tujuannya adalah mejalin hubungan interpersonal dan memperkuat keja sama tim.

Related Post

No Comments

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Recent Posts

tipografi
tipografi

Bandung Design adalah jasa logo, packaging, company profile, packaging, menu, brosur, kartu nama, website dan animasi terbaik.

Follow Us

Email: bandungdesign.id@gmail.com
Phone: +62812-2282-2287