Membuat copywriting bukan perkara yang mudah. Ada banyak aspek yang harus dipenuhi agar maksud sebuah copywriting bisa tersampaikan dan diterima oleh pembaca. Sayangnya, banyak orang mengabaikan tips dan trik sederhana dalam membuat sebuah copywriting, salah satu kesesuaian dengan desain. Padahal seharusnya, jika anda ingin sebuah desain dapat dibaca oleh banyak orang dan yang terpenting maksud dari desain tersebut tersampaikan, anda cukup membuat desain yang sederhana. Berkut beberapa tips membuat copywriting:

Desain Dan Copywriting Harus Mempunyai Visi Yang Sama

Jika sebelum tim desainer dan tim copywriter anda tidak pernah bertemu atau bahkan tidak mengenal satu sama lain, mulai sekarang dibutuhkan kerja sama antara desainer dan copywriter. Tim copywriter anda mengirimkan ide tulisan yang terlalu panjang yang akhirnya tim desainer tidak bisa mengexplore desain karena terlalu banyak tulisan. Jadi, untuk mengatasi hal seperti ini, anda harus membiasakan brainstorm setiap kali mendapatkan proyek. Keinginan dari tim desainer dan tim copywriter harus bisa mengerti satu sama lain.

Buat Tema Dari Sebuah Desain

Seperti dijelaskan pada poin pertama, brainstorm antar tim akan menjadi titik kunci dari lahirnya sebuah desain yang bagus. Nah, selanjutnya adalah menentukan tema di dalam sebuah desain. Tema sebuah desain ini akan mengiringi anda untuk mengetahui kepada siapa desain tersebut ditujukan.

Fokus Dari Sebuah Copywriting

Ketika membuat copywriting, anda harus menentukan fokus dan tujuan dibuatnya copywriter tersebut. Misalnya, apakah copywriting ini hanya dibuat untuk menginformasikan sesuatu terhadap pembaca atau bersifat pengumuman? Apakah copywriting ini mengharuskan pembaca untuk mendaptar sebagai anggota atau membeli (call to action)? Atau apakah copywriting ini dibuat untuk menyempurnakan sebuah desain yang sudah ada?.

Dari setiap fokus tersebut, terdapat perbedaan dalam cara membuat copywriting. Untuk sekedar informasi, anda tentu harus menuliskan secara rinci dan jelas. Sedangkan, untuk call to action, anda harus benar-benar membuat sebuah copywriting dengan ajakan yang menarik, misalnya beli sekarang atau dapat diskon disini.

Sebuah Sopywriting Yang Bagus Tentu Harus Bisa Dibaca

Salah satu prinsip dasar copywriting adalah membuat tulisan yang bisa dibaca,. Sebagus apapun desain anda, sebagus apapun filosofi tulisan anda, jika tidak bisa dibaca, tentu akan sia-sia. Jadi usahakan tulisan anda kontras dengan background, mempunyai jenis font yang menarik dan pastikan ukuran huruf sesuai dengan desain.

Related Post

No Comments

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Recent Posts

tipografi
tipografi

Bandung Design adalah jasa logo, packaging, company profile, packaging, menu, brosur, kartu nama, website dan animasi terbaik.

Follow Us

Email: bandungdesign.id@gmail.com
Phone: +62812-2282-2287